Posted by: sepri18 | February 27, 2009

Obat jerawat alami

Jerawat merupakan jenis penyakit kulit yang biasa ditemukan di semua kalangan, terutama remaja. Penyebabnya antara lain faktor keturunan, ketidakseimbangan hormon, bakteri, tekanan psikologis, dan cuaca.
Umumnya jerawat muncul pada masa remaja, tapi tidak jarang orang dewasa yang mengalaminya. Bagi kaum perempuan jerawat bisa muncul apabila datang haid atau hamil dan bisa muncul di bagian tubuh mana saja, tidak hanya di wajah. Selain itu alergi terhadap obat tertentu juga dapat merangsang tumbuhnya jerawat.
Munculnya jerawat juga sering dikaitkan dengan konsumsi makanan tertentu seperti kacang-kacangan, cokelat, atau goreng-gorengan. Meski demikian belum ada hasil penelitian yang menguatkan dugaan ini.
Semua tipe jerawat —baik komedo, jerawat biasa, maupun jerawat batu— memang sangat mengganggu. Namun cara-cara berikut ini dapat dilakukan sendiri guna mencegah maupun mengobati jerawat. Bahan-bahan berasal dari sekitar kita dengan cara yang tidak sulit dan menyita waktu.

Cuci Muka
Kulit wajah yang berminyak atau wajah yang mempunyai kecenderungan muncul jerawat harus dibersihkan dua kali sehari. Sangat dianjurkan mencuci muka dengan pembersih yang PH-nya sedikit asam untuk menjaga kebersihan wajah yang berjerawat.
Air seduhan 7-10 lembar daun sirih (Piper betle) mujarab untuk mematikan bakteri yang menyebabkan jerawat sehingga dapat digunakan untuk mencuci muka sebanyak dua atau tiga kali sehari.
Menurut pengalaman beberapa orang, membasuh wajah dengan air es juga dapat mengurangi timbulnya jerawat. Hal ini dipercaya dapat mengurangi minyak pada wajah.
Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi), yang ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit air garam juga dapat digunakan untuk membersihkan wajah berjerawat. Menurut beberapa ahli kulit, belimbing wuluh bersifat sejuk, dan berkhasiat sebagai antiradang dan astrigen (memperkecil pori-pori kulit wajah).
Wajah berjerawat juga lebih segar jika diuapi dengan seduhan satu bungkus daun teh. Sebungkus kecil daun teh yang diseduh dengan air panas baru mendidih, lalu uapkan pada wajah yang berjerawat.

Masker
Sementara buah mengkudu dapat dimanfaatkan sebagai masker pemulus wajah. Masker mengkudu tidak hanya mengatasi jerawat, panu, kulit yang keriput dan kering pun hilang lenyap, otot-otot muka menjadi lebih relaks.
Jeruk nipis (Citrus aurantium) yang dioleskan pada wajah malam hari sebelum tidur dan baru dibersihkan pada pagi harinya, dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Hal yang sama juga dapat dilakukan dengan buah tomat (Solanum lycopersicum).
Masker lain yang dapat digunakan mengatasi jerawat adalah masker temulawak (Curcuma xanthorizza). Kompres wajah dengan air es setelah menggunakan masker akan membantu meningkatkan hasilnya.
Daun dewa dan mahkota dewa juga berkhasiat sebagai obat jerawat. Tanaman lain yang dapat dimanfaatkan sebagai masker antijerawat adalah tumbukan pucuk daun jambu batu (Psidium guajava). Lidah buaya (Aloe vera) yang terkenal dapat menghaluskan kulit juga dapat digunakan sebagai masker penghilang jerawat.
Kentang (Potato solanum tuberosum) juga dapat dikompreskan pada jerawat. Potongan kentang yang diiris tipis-tipis ditempelkan pada kulit yang meradang karena jerawat hingga warna kentang keabu-abuan dan kering.
Sedangkan flek-flek hitam di wajah bekas jerawat dapat dihilangkan dengan masker jagung (Zea mays) muda atau bengkoang. Parutan jagung muda atau bengkoang dioleskan ke bagian-bagian yang hitam lalu diamkan sampai mengering.
Jerawat jenis komedo dapat dihilangkan dengan masker peel off dari gelatin buatan sendiri. Bahan-bahannya: satu sendok makan bubuk gelatin yang bisa dibeli di pasar swalayan, dua sendok makan susu cair dingin, dan satu butir putih telur. Susu cair dingin dan gelatin dicampur lalu dipanaskan, jaga jangan sampai menggumpal. Setelah leleh, dinginkan sampai hangat, lalu campurkan dengan putih telur. Oleskan adonan tadi ke wajah, kecuali seputar mata dan bibi


Responses

  1. gua udah mencobah tapi koq belum sembuh juga ya …………???

  2. dengan 1 bungkus teh berapa lama kalau diuapi?

  3. makasi atas petunjuknya saya akan mencoba doakan berhasil

  4. Informasi yang bermanfaat terima kasih buat sharing nya, aku sih dulu sudah tau tentang informasi ini, bahkan sampai menghindari makanan yang memicu jerawat.

    Tapi hasilnya sementara gak lama muncul lagi. Lalu aku coba browsing terus aku disaranin buat pelajari lebih dalam lagi, sourcenya pake bahasa inggris sih tapi benar2 manjur.

    Teman-teman coba aja ikuti caranya di sini . Aku sudah buktiin ternyata ini lebih manjur dibanding datang ke dokter. Btw Sudah 2 tahun ini aku gak berjerawat lagi loh.

    Semoga penderitaan teman-teman hilang ya

    • kok web nya udh ga aktif?
      bisa kasih tau sekarang aja ga gmn caranya?
      please

  5. Prtma2,dan yg plng utama,mrlah kta panjatkan buah kelapa muda yg mash segar,dan kt tmbhkn sedkit cabe merah ,lalu di tumbuk hngga hlus,kmdian kelapa mudax di kupas dgn gigi,agar lebih manjur,mgnpa demikian?karna air kelapax sdh terkena gudal-MU..!
    Stelh i2,semua bhn di cmpur dan di rebvs,kemudian airx d minum hingga tak tersisa..gunakn 3x sehri,agr lekas sembuh..semoga berhasil…di jamin..!

  6. artikel ini ckp bgs,,..tp dini nggak ada dijelasin efek negatif dari pemakaian obat jerawat alami…

  7. ada yg pernah dengar “squalane deep beauty”??
    keponakanku yang berusia abg udah pernah pakai n hasilnya jerawatnya udah nggak muncul lagi karena pori2nya menjadi lbh kecil. produk ini adalah produksi Jepang dan terbuat dari ekstrak hati ikan hiu, jadi sangat aman 100% n cocok utk segala jenis kulit n usia.
    bagi yang ingin tau lbh lanjut ttg produk ini, kunjungi aja http://squalanedeepbeauty.blogspot.com

  8. makasi

  9. maksih atas bantuannya.a

    yang gakk betaul itu ya..!!!!

  10. doain ya supaya pemakaiannya bagus ma ku..

  11. mksi imfonya.akan ku coba doakn smga brhasil

  12. Sip.perlu di coba

  13. q coba dech

  14. Kalo pke jeruk nipis itu pemakaian berapa kali buad liad hasilnya ?

  15. obat app yg manjur wat jerawat?…

    saol’a saya ud nyoba segala cara, dari air seni, air mani, drah haid, kancut, sanlaight, daun sirih, pare, vesel, maskeran, sabun muka, sampai k’gtuan segala ngg add hasil’a… pa jlan satu”nya cma operasi plastik?…

    • makasih atas informasinya,………
      thanks yo….

  16. semoga yg mencoba obat”an di atas hilang jerawatnya . . .gud luck, , , 🙂

  17. kalo cara2 diatas ga manjur,silahkan cara2 brikut:
    -ambil pisau pengupas kulit kentang
    -iris kulit wajah anda yg brjerawat scara prlahan
    -stelah pngirisan selesai,basuh wajah dgn larutan soda api
    dijamin jerawat anda akan hilang slamanya dr wajah anda brikut pula wajah anda akan hilang dr kpala anda
    ha ha ha ha ha ha ha ha

  18. Makasih atas infonya , Adria


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: